Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pasca Pembelajaran Jarak Jauh Di Sdn Sunyaragi 1 Kota Cirebon
Abstract
Pandemi covid-19 sangat berdampak bagi pendidikan di Indonesia sehingga pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh yang berbasis online. Pembelajaran jarak jauh membuat minat belajar siswa menjadi menurun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru SDN Sunyaragi 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar pada siswa di SDN 1 Sunyaragi dapat dikatakan baik, namun karena siswa sudah mulai bosan dengan Pembelajaran jarak jauh ini dan banyak kendala lainya sehingga membuat minat belajar siswa itu menurun. Untuk itu, upaya seorang guru harus memberikan teknik pembelajaran yang menarik supaya dapat memberikan pembelajaran yang baik sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar dan siswa memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Kata kunci: pandemi covid-19, pembelajaran jarak jauh, minat belajar