Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Nindi Zikriana UMCirebon
  • Ita Noviana UM Cirebon
  • Usriah Usriah UM Cirebon
  • Kartinawati Kartinawati Um Cirebon
  • Supiah Supiah UM Cirebon

Abstract

Pemilihan model pembelajaran berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpusat pada siswa dan menekankan proses belajar siswa dalam menemukan suatu konsep. Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis penilaian autentik menjadikan kegiatan pembelajaran bermakna dan memungkinkan meningkatkan hasil belajar karena perkembangan bertahap siswa terukur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, dokumentasi, tes dan observasi. Penelitian diawali pemberian perlakuan dan diakhiri posttest. Berdasarkan hasil penelitian, rata- rata nilai posttest ranah kognitif untuk kelas eksperimen sebesar 80,28 dan kelas kontrol sebesar 76,60. Hal ini menyimpulkan bahwa rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang dibuktikan dengan uji t, bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelas kontrol. Hasil ranah psikomotorik dan afektif dengan kriteria sangat baik pada kelas eksperimen lebih banyak daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis penilaian autentik berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: Hasil belajar, inkuiri terbimbing, penilaian autentik

Downloads

Published

2022-12-15