Implementasi Pembelajaran Pecahan Senilai Menggunakan Media PHET di Kelas 3 SDN 2 Sunyaragi

Authors

  • Dian Wahyuni UM Cirebon
  • Nurkholis Nurkholis UM Cirebon
  • Nurhaeni Nurhaeni UM Cirebon
  • Nuning Ukaesih UM Cirebon

Abstract

Pada Observasi awal ditemukan bahwa di SDN 2 Sunyaragi Kabupaten Cirebon telah tersedia sarana dan prasarana pembelajaran yang cukup memadai. Sarana dan prasarana tersebut sudah layak untuk menyelenggarakan pembelajaran yang cukup baik. Namun masih ada beberapa siswa yang tidak memahami ketika guru menyampaikan materi pembelajaran, terutama di SDN 2 Sunyaragi tersebut siswa juga harus bisa memahami pembelajaran matematika dalam materi pecahan. Jadi siswa di SDN 2 Sunyaragi diusahakan bisa menyesuaikan dirinya pada pembelajaran di SD tersebut. Pengembangan Kurikulum ini sangat penting untuk dilakukan. Kurikulum adalah serangkaian penyusunan rencana untuk melancarkan proses belajar mengajar. Adapun rencana yang disusun tersebut berada dibawah tanggung jawab lembaga pendidikan dan para pengajar disana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran matematika dalam materi pecahan yang ada di SDN 2 Sunyaragi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data serta untuk memperluas wawasan peneliti dalam bidang pendidikan dasar serta memperoleh pengalaman pengetahuan teoritik dan aplikatif tentang keguruan dan ilmu pendidikan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di SDN 2 Sunyaragi ini siswa memiliki buku pegangan masing-masing dalam proses pembelajaran di sekolah di sekolah SDN 2 Sunyaragi.

Kata Kunci: Pembelajaran, matematika, penggunaan PHET

Downloads

Published

2022-12-15