Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) di Kelas V SDN 2 Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian dan pengembangan ini adalah masih terbatasnya upaya guru dalam mengembangkan LKPD tematik terpadu yang menstimulasi siswa agar mau belajar dan bekerjasama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas di LKPD, selanjutnya belum adanya LKPD berbasis ModelThink Pair and Share (TPS) di SDN 2 Tanjung Gadang serta rendahnya pola interaksi belajar berkelompok peserta didik untuk berfikir dan menyelesaikan pertanyaan yang ada di buku. Dimana LKPD dengan model TPS ini adalah untuk membuat peserta didik aktif belajar dalam kelompoknya.Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan LKPD untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D menggunakan model 4D yaitu define, design, development, disseminate. Kegiatan yang dilakukan pada tahap uji validitas LKPD kepada 3 orang ahli yaitu, Ahli Materi KeSDan dengan nilai validasi 3,30, ahli Tata Bahasa dengan nilai validasi 2,75, dan Ahli desain dengan nilai validasi 3,50. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang diperoleh dari validator sebesar 3,18 (Sangat Valid) hal ini menunjukkan bahwa LKPD sangat layak untuk digunakan). Pada tahap Praktikalitas LPKD dinilai oleh 1 orang Pendidik yaitu 3,66 (Sangat Praktis) dan 5 orang Peserta Didik 3,75 (Sangat Praktis). Kesimpulannya LKPD Tematik Terpadu Menggunakan Model TPS valid dan praktis digunakan digunakan pada kelas V SD.
Kata kunci: LKPD, Tematik Terpadu, Think Pair and Share