Pemanfaatan Alat Peraga Jarum Jam Mata Pelajaran Matematika di Kelas 2 SDN 2 Kenanga

Authors

  • Suweni Suweni UM Cirebon
  • Teti Himayah Um Cirebon
  • Ainun Istiana UM Cirebon
  • Widia Nur Jannah Um Cirebon

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang pembelajaran matematika yang memusatkan pada materi jarum jam guna belajar numerasi dan literasi ketika di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara sehingga menghasilkan dokumentasi. Subjek penelitian di SDN 2 Kenanga adalah siswa-siswi kelas 2 di SDN 2 Kenanga. Hasil penelitiannya adalah bahwa dengan menggunakan pembelajaran yang memanfaatkan alat peraga “jarum jam” yang dibuat dengan bahan triplek dapat membuat siswa lebih paham tentang menghitung detik, menit dan jam, serta siswa mendapatkan ilmu numerasi dan literasi, numerasi dari cara menghitung sedangkan literasi dari cara membaca jarum jamnya. Kesimpulannya adalah pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang patut seharusnya diterapkan semaksimal mungkin sehingga dapat diimplementasikan ketika sehari-hari, contohnya menghitung jam, memahami arah jarum jam serta menganalisisnya merupakan ilmu yang akan diterapkan dikehidupan siswa, bahan dan alat penggunaan juga menggunakan bahan sederhana, praktek belajar melibatkan siswa di kelas dengan pemanfaatan alat peraga ini maka dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, inovatif dan aktif.

Kata kunci: Alat peraga, jarum jam, matematika, numerasi, literasi

Downloads

Published

2022-12-15