Analisis Keterampilan 4C Melalui Pembelajaran Media Kolase di Era Revolusi Industri 4.0 SDN 1 Tukmudal
Abstract
Era revolusi industri 4.0 sekarang ini menuntut perubahan yang cepat serta signifikan di berbagai bidang salah satunya pendidikan. Pembelajaran pada 4.0 sendiri merupakan pembelajaran yang tidak semata-mata melibatkan teknologi didalamnya, akan tetapi lebih mengubah paradigma bahwa peserta didik bukan sebagai objek pasif. Proses pembelajaran tidak mutlak semua yang terkait dengan teknologi karena pada dasarnya hanya sebagai alat bantu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Tuntutan ini tentu bukan hal yang mudah untuk dipenuhi oleh pendidik, namun para pendidik di SDN 1 Tukmudal berusaha mengimbanginya. Proses pembelajaran yang diharapkan saat ini yaitu mampu membentuk peserta didik yang memiliki soft skill dengan keterampilan 4C (communication, collaboration, critical thinking and problem solving, creativity and innovation). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan 4C pada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran media kolase di era revolusi industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran media kolase yang dikembangkan di SDN 1 Tukmudal sudah efektif dan sudah memenuhi standar keterampilan 4C yang menitikberatkan proses pembelajaran berpusat pada peserta didik untuk aktif dan kreatif .
Kata kunci: Keterampilan 4C, Pembelajaran Media Kolase, Revolusi industri 4.0.