Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru Di SDN Bima

Authors

  • Zela Nurholiza
  • Anih Sumiati UM Cirebon
  • Rara Khairani UM Cirebon
  • Yulia Khatimunnisa UM Cirebon

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Usaha sadar dan terencana, hal ini berarti bahwa proses pembelajaran harus direncanakan sebelumnya. Apa yang akan disampaikan? Tujuan pembelajaran apa yang akan dicapai? Sehingga seorang guru harus membuat rencana pembelajaran. Di Dalam rencana pembelajaran harus diarahkan kepada bagaimana menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang menyenangkan, nyaman,tidak membosankan sehingga peserta didik sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran, merasa betah dan tidak jenuh. Hal lebih jauh dapat tercapainya tujuan pembelajaran yaitu adanya perubahan perilaku hasil belajar yang diharapkan yaitu perubahan perilaku kearah yang lebih baik seperti siswa menguasai materi dengan baik, siswa menjadi patuh dan taat, siswa menjadi lebih disiplin, siswa menjadi lebih rajin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan manajerial kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Kemampuan manajerial kepala sekolah SDN Bima diawali dengan pembagian tugas dari kepala sekolah kepada guru sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing dengan menerapkan pendekatan lesson study antara sesama guru. Kemampuan manajerial kepala sekolah SDN Bima sangat baik segala sesuatu kegiatan yang ada di sekolah selalu dikoordinasikan secara terpadu agar tercapai suatu kerjasama yang harmonis dalam mencapai tujuan tersebut. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Dengan demikian peningkatan keterampilan manajerial kepala sekolah akan diikuti oleh peningkatan kinerja guru. Budaya sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Kinerja guru yang berkualitas akan menghasilkan siswa yang berkualitas.

Kata Kunci : Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru

Downloads

Published

2022-12-01