Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sdn 2 Sendang
Abstract
Di Indonesia masih banyak guru yang kurang profesional, seperti guru yang terlambat, tidak menggunakan perangkat pembelajaran, dan kurangnya koordinasi antara kepala sekolah dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat profesionalisme guru dengan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SDN 2 SENDANG, di Jalan Pangeran Cakrabuana no 158 Kelurahan Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa kepala sekolah mendiskusikan pengembangan kebijakan yang dilaksanakan oleh sekolah, kepala sekolah dinilai dengan memeriksa alat pembelajaran, kehadiran guru, nilai pembelajaran dan aktivitas siswa dalam uji kompetensi guru dilakukan secara berkelompok. Salah satu upaya yang dilakukan jelas berdampak pada proses kelulusan siswa dengan nilai cukup memuaskan. Ini adalah bukti nilai yang telah dicapai sekolah melalui keberhasilan siswa dan guru memanfaatkan waktunya dalam proses pembelajaran, Dalam proses belajar mengajar guru menggunakan berbagai media pembelajaran. Siswa memiliki peningkatan hasil belajar yang mengarah pada peningkatan profesionalisme guru menerapkan manajemen berbasis sekolah.
Kata kunci: profesionalisme guru, manajemen berbasis sekolah.