Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Potensi Guru di SDN 1 Sumber

Authors

  • Puspa Anjani UM Cirebon
  • Reva Nazmiyati UM Cirebon
  • Sri Wulan Dewi UM Cirebon
  • Prabawati Nurhabibah UM Cirebon

Abstract

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu sarana prasarana dan dana masih terbatas serta peran masyarakat yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Potensi Guru di SDN 1 Sumber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan MBS dalam meningkatkan potensi guru terlaksana dengan baik karena adanya kerja sama antara Kepala Sekolah, guru-guru serta komite sekolah. Hal ini dilihat dari segi potensi guru dalam manajemen kurikulum, potensi guru dalam manajemen tenaga kependidikan, potensi guru dalam manajemen kesiswaan, potensi guru dalam pengelolaan keuangan, serta potensi guru dalam penyediaan sarana dan prasarana. Adapun faktor pendukungnya yaitu pertama, dukungan pemerintah berupa pemberian dana BOS, alokasi dana pemerintah daerah dan pemberian kewenangan dalam pengelolaan sekolah. Kedua, dukungan guru berupa tenaga pengajar yang berkualifikasi S1 dan S2 serta guru yang tersertifikasi. Dan ketiga, dukungan siswa berupa jumlah siswa yang semakin meningkat dan adanya bantuan sukarela dari orang tua siswa.

Kata kunci: Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Potensi Guru

Downloads

Published

2022-12-15