Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Siswa SD Muhammadiyah I Kota Cirebon
Abstract
Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan pada anak usia Sekolah Dasar untuk membentuk pribadi siswa sesuai dengan nilai-nilai agama, moral dan etika. Siswa perlu bimbingan dan motivasi untuk membentuk sikap dan perilaku yang baik.Hizbul Wathan (HW) adalah sebuah organisasi dalam lingkungan persyarikatan Muhammadiyah untuk membentuk dan membina karakter siswa yang ada di sekolah.Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pendidikan karakter siswa melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan (HW). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi.Subjek penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah 1 Kota Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan (HW) di SD Muhammadiyah I Kota Cirebon Membagi menjadi beberapa aspek yaitu : 1) Perencanaan, perencanaan melalui membuat jadwal dan materi yang akan diberikan sesuai usia anak, 2) Pelaksanaan, pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam waktu harian, mingguan, bulanan dan tahunan, kegiatan dilakukan dengan latihan seperti PBB, tali temali dan lain-lain, 3) Evaluasi, evaluasi bentuknya adalah mengevaluasi dari materi dan waktu yang diberikan cukup atau kurang, baik atau kurang baik atau juga ditambahkan waktu dan lain sebagainya.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, ekstrakurikuler, Hizbul Wathan