Akibat Masa Pandemi Terhadap Kesiapan Siswa Dalam Belajar Daring
Abstract
Pembelajaran daring di tingkat sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19 dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kesiapan siswa dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan siswa SDN 1 Babakan dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Babakan. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara secara langsung kepada guru kelas VI Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa ada yang memiliki kesiapan teknologi (smartphone), kesiapan fisik (tubuh yang sehat) dan kesiapan sumber belajar (buku tematik), siswa belum memiliki kesiapan mengakses internet dan mengoperasikan media pembelajaran seperti whatsapp group, WPS,google classroom dan padlet, peserta didik belum memahami tata cara dalam melakukan pembelajaran daring, orang tua peserta didik berkontribusi penuh dalam pembelajaran daring, dan siswa belum mampu mengelola waktu belajar dengan baik.
Kata kunci: kesiapan siswa, pandemi Covid-19, pembelajaran daring