Pemanfaatan Akun Pembelajaran untuk Kolaborasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Implementasi Program Sekolah Penggerak
Abstract
Salah satu karakteristik yang ditekankan Program Sekolah Penggerak adalah kolaborasi di antara para pemangku kepentingan di tingkat Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, SDM di satuan pendidikan dan juga mitra. Digitalisasi sekolah dan berbagai aplikasi dan platform merupakan bagian dari skema dukungan terhadap implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Penggerak. Pemanfaatan perangkat, aplikasi dan platform pembelajaran berbasis teknologi informasi sangat didorong untuk dilakukan sebagai upaya untuk menyajikan pembelajaran yang berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik. Penyediaan akun pembelajaran oleh Pemerintah bagi pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik dari jenjang PAUD, pendidikan dasar dan juga menengah, semakin memudahkan PTK di sekolah dalam melakukan kolaborasi dalam rangka menyediakan layanan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan akun pembelajaran dapat mengoptimalkan kolaborasi PTK dalam implementasi KTSP di Sekolah Penggerak. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi dokumentasi yang dilakukan dengan penelaahan literatur serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivasi akun pembelajaran pendidik dan tenaga kependidikan untuk jenjang SD di kab/kota pelaksana PSP Angkatan 1 sudah tinggi yaitu 93% untuk pendidik dan 89,8% untuk tenaga kependidikan. Akun pembelajaran memberikan kesempatan besar bagi PTK untuk berkolaborasi dengan memanfaatkannya dalam mengakses berbagai platform dan berkolaborasi dalam merencanakan dan melaksanakan prose pembelajaran. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, akun pembelajaran, pembelajaran kolaborasi.