Analisis Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menyongsong Era 5.0 pada Siswa di SDN 4 Kenanga Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon
Abstract
Pendidikan karakter diperlukan untuk membentuk karakter khas suatu bangsa. Pendidikan karakter juga dapat didefinisikan sebagai pendidikan yang mengembangkan karakter dari peserta didik dengan mempraktikan dan mengajarkan nilai-nilai moral dan pengambilan keputusan yang beradab dalam hubungan dengan sesama manusia maupun dalam hubunganya dengan Tuhan. Manusia disebut berkarakter jika manusia tersebut dapat merespon segala situasi secara bermoral, dimanifestasikan dalam bentuk tindakan nyata melalui tingkah laku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan tentang pengelolaan manajemen dan branding sekolah serta mempererat rasa persaudaraan dan persatuan sesama guru dalam upaya mewujudkan sekolah yang berkemajuan, hebat, dan bermartabat. Desain dari penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah Pembentukan karakter yang dilakukan di SDN 4 Kenanga dilakukan melalui penanaman kebiasaan dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter bisa dilakukan melalui 3 tahapan yaitu: (1) terintegrasi dalam pembelajaran, (2) terintegrasi dalam pengembangan diri melalui kegiatan ektrakurikuler dan (3) terintegrasi dalam manajemen sekolah