PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM UNGGULAN DI SD ISLAM AL-AZHAR 03 CIREBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter dalam program unggulan serta kegiatan estrakulikuler dan pembiasaan-pembiasaan di Sekolah Dasar Islam Al[1]Azhar 03 Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui kegiatan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan, pendidikan karakter di SDI Al-Azhar 03 Cirebon dilaksanakan terintegrasi dalam berbagai program unggulan yang ada dan dimplementasikan melalui proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan pembiasaan. Hal ini dibuktikan dengan tersebarnya papan slogan mengenai karakter di dinding-dinding sekolah, baik di dalam kelas, luar kelas, bahkan depan kamar mandi. Selain itu dibuktikan juga dengan beragamnya kegiatan pengembangan diri estrakulikuler dari berbagai bidang, sehingga mampu mengoptimalkan minat dan bakat siswa.