Penguatan Budaya Sekolah Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Siswa Di Sekolah Dasar Negri 2 Klayan
Abstract
Budaya sekolah adalah kebiasaan yang turun temurun dilakukan di sekolah dan diaplikasikan oleh seluruh warga sekolah baik kepala sekolah, guru, siswa maupun warga sekolah lainnya yang mendiami sekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan budaya sekolah sebagai penguatan pendidikan karakter di SD Negeri 2 klayan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu prosedur riset yang memanfaatkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati. Budaya sekolah yang ada di SD Negeri 2 klayan dibagi menjadi dua kategori yaitu budaya sekolah yang bersifat menyeluruh dan budaya sekolah yang bersifat tidak menyeluruh. Budaya sekolah keberadaannya sangat penting sebagai penguatan pendidikan karakter.