PERAN DAN TANTANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 2 KLAYAN

Authors

  • Nur Azizah Bana Tussif
  • Alma Fatikha
  • Dianasari Dianasari

Abstract

Pendidikan karakter adalah segala upaya yang dilakukan secara sengaja untuk menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter yang baik kepada peserta didik, sehingga mereka memiliki pengetahuan dan tindakan dari nilai-nilai karakter yang baik dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yang mengungkapkan fakta melalui kejadian melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa: penyampaian pendidikan karakter di SD Negeri 2 Klayan menghadapi tantangan di masa pandemi Covid-19 ini oleh karena itu meskipun sekarang ini dalam masa pandemi Covid[1]19 pendidikan karakter tetap harus tersampaikan ke peserta didik. Tantangan yang dirasakan oleh pendidik yaitu pendidik masih belum bisa berbuat banyak dalam penanaman nilai-nilai karakter hal ini di keluhkan akibat peseta didik yang belum aktif dan antusias dalam pembelajaran daring, mudah bosan, dan penguasaan dalam penerapan media pembelajaran daring yang belum baik. Selain itu tantangan yang dirasakan oleh peserta didik yaitu tidak semua peserta didik memiliki alat pembelajaran daring seperti HP dan Laptop, peserta didik merasa jenuh ketika belajar di rumah, peserta didik kurang memahami materi yang di berikan oleh guru. Sedangkan tantangan orang tua yaitu mempunyai kesibukan masing-masing sehingga tidak bisa mendamping anak yang sedang belajar, orang tua belum mampu menjadi guru dalam menjelasakan meteri yang di berikan oleh guru di sekolah. Di masa pandemi Covid-19 pendidikan karakter pun mempunyai peran yang sangat penting bagi peserta didik. Kerjasama antara sekolah, masyarakat, dan keluarga (orang tua) peserta didik merupakan peran yang sangat penting dalam pengembangan pendidikan karakter peserta didik untuk mencapai keberhasilan dalam membentuk karakter peserta didik.

Downloads

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles