Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan Shalawat dan Asmaul Husna di SDN 2 Setu Kulon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembiasaan, faktor pendukung, dan kendala,yang dihadapi dalam pelaksanaan metode pembiasaan shalawat dan Asmaul Husna guna membentuk karakter religius siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Membentuk karakter religius dengan pembiasaan Shalawat dan Asmaul Husna di sekolah dilaksanakan melalui kegiatan berdoa sebelum belajar dan sebelum pulang, Membaca surat pendek dalam juz’amma beserta arti setiap ayat; Melatunkan shalawat kepada Nabi Muhammad dan pembacaan Asmaul Husna. (2) Faktor pendukung pengimplementasian Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan Shalawat dan Asmaul Husna di SDN 2 Setu Kulon yaitu; Adanya dukungan dari orang tua siswa, Komitmen bersama warga sekolah; Fasislitas yang memadai. (3) Kendala yang dihadapi dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan Shalawat dan Asmaul Husna di SDN 2 Setu Kulon dipengaruhi oleh latar belakang siswa yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran peserta didik, dan lingkungan atau pergaulan peserta didik.