PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTERDI SDN 2 SETU KULON

  • Faiqoh Faiqoh
  • Novi Wulandari
  • Nurul Hidayah

Abstract

Dalam Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter dijelaskan bahwa PPK dilaksanakan dengan menerapkan delapan belas nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggungjawab. Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) merupakan salah satu program yang dibuat oleh pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas secara akademis dan juga cerdas jasmani dan rohani. Penguatan pendidikan karakter bisa dilakukan dengan pembiasaan. Salah satu cara pendidikan karakter dalam bentuk pembiasaan yang telah dilaksanakan oleh oleh siswa siswi SDN 2 Setu Kulon adalah dengan pembiasaan pelaksanaan shalat dhuha berjamaah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manfaat mengamalkan shalat dhuha di SDN 2 Setu Kulon yang dilaksanakan pada saat Program Sekolah Percontohan Tatap muka selama 2 minggu pada bulan Juni 2021 menggunakan metode deskriptif dengan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan shalat dhuha berjamaah sebagai penguatan pendidikan karakter yang dilakukan siswa siswi di SDN 2 Setu Kulon bersifat positif terhadap karakter siswa seperti karakter suka menjalin silaturahim antar siswa, karakter saling menghargai dan rasa hormat, karakter terbiasa mengingat dan mendekatkan diri kepada pencipta, karakter hilangnya individualisme yang berlebihan, dan karakter disiplin untuk datang tepat waktu ke sekolah, melakukan aktivitas yang baik secara berulang-ulang, dan disiplin menjalankan perintah agama. Dari sini dapat dikatakan bahwa kegiatan pembiasaan kegiatan shalat dhuha berjamaah sangat bermanfaat untuk menumbuhkan karakter positif pada siswa.

Published
2021-10-04
Section
Articles