Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Brebes
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat penting terutama untuk anak[1]anak usia dini, karena pendidikan karakter dalam dunia pendidikan ini dijadikan sebagai wadah atau suatu proses untuk membentuk kepribadian seorang anak agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sebagai tenaga pendidik seorang guru juga perlu memberikan contoh serta perilaku yang baik kepada peserta didiknya, karena perilaku guru merupakan teladan bagi anak didiknya. Dalam dunia pendidikan, pendidikan karakter sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk membetuk pribadi yang baik, jujur, bijaksana, tanggung jawab, serta dapat menghormati orang lain. Di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Brebes pelaksanaan pendidikan karakter sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari program kegiatan yang sudah dilaksanakan secara rutin oleh sekolah seperti menanamkan dan mengembangkan aspek kognitif, spiritual, afektif dan motorik. Dengan dukungan dan kerjasama dari orangtua, guru dan masyarakat membuat program ini dapat di laksanakan dengan baik. Berdasarkan latarbelakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pengembangan pendidikan karakter, mengetahui teknis pelaksanaan pendidikan karakter, mengetahui sasaran pelaksanaan pendidikan karakter, mengetahui evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Brebes. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif studi kasus yang menganalisis data melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pendidikan karakter disekolah MIN 1 BREBES sudah terlaksana dengan baik, bentuk penanaman pendidikan karakter di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Brebes dilaksanakan terintegrasi ke dalam visi dan misi sekolah yang diimplementasikan melalui kegiatan pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas dan melalui kerjasama antara guru, orang tua siswa, dan masyarakat.