Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Society 5.0 Study Kasus Di UPTD SDN 4 Margadadi

Authors

  • Abdul Awulloh
  • Khofiyati Latifah
  • Nur A’fifah
  • Muhamad Khozinul Huda

Abstract

Pendidikan di era digital saat ini sangatlah pesat, kemajuan dalam bidang teknologi tidak hanya dinikmati orang dewasa saja, anak-anak usia sekolah dasar juga bisa menikmati dari hasil perkembangan teknologi saat ini. Teknologi banyak dimanfaatkandalam dunia pendidikan, sebagai sarana dan prasarana interaksi antara pendidik dan pesertadidik. Pendidikan karakter bertujuan agar peserta didik sebagai penerus bangsa mempunyai akhak dan moral yang baik, untuk menciptakan kehidupanberbangsan yang adil, aman dan makmur. Pendidikan karakter melalui programPPK (Penguatan Pendidikan Karakter)semakin penting di era society 5.0. Peserta didik yang akan menjadi pribadi-pribadi yang menentukan bagaimana NKRI di masa depan harus memiliki karakter yang handal. Di sisi lain, peserta didik harus menyiapkan dirinya dengan bekal literasi digital yang membuat mereka nantinya tidak gagap menyambut era masyarakat 5.0 sebagai jawaban atas revolusi industri 4.0. Penelitian ini adalah penelitian denganmetode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Literasi digital berbasissekolah dan kelas di UPTD SDN 4 MARGADADI dapatterlaksana berkat kerja sama antara Kepalasekolah, guru dan tenaga kependidikan,dalam hal ini terutama guru TIK dan teknisilaboratorium komputer sekolah serta seluruhpeserta didik yang antusias mengikuti semuakegiatan literasi yang diprogramkan olehsekolah. Penelitian membahas bagaimana urgensi pendidikan karakter dalam menghadapi era society 5.0.

Downloads

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles