Implementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Proses Pendidikan Di SD Al-Azhar 03 Cirebon
Abstract
Sarana prasarana pendidikan merupakan instrumen penting dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Oleh karenanya pengelolaan yang baik untuk dapat memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar perlu dilakukan. Sehingga pendayagunaan dan pengelolaannya meliputi perencanaan; pengadaan; pemeliharaan; inventarisasi; dan penghapusan sarana prasarana di sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Kajian ini berusaha mengungkap Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Mendukung Proses Belajar Siswa di SD Islam Al-Azhar 03 Cirebon dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tentang (1) kondisi sarana dan prasarana di SD Islam Al-Azhar 03 Cirebon , (2) manajemen sarana dan prasarana di SD Islam Al-Azhar 03 Cirebon, (3) hubungan antara ketersediaan sarana dan prasarana di SD Islam Al-Azhar dengan kenyamanan proses belajar siswa, dan (4) hubungan antara ketersediaan sarana dan prasarana di SD Islam Al-Azhar 03 Cirebon dengan prestasi siswa. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan inovasi dalam pengembangan sarana dan prasarana sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran yang terkait dengan proses belajar siswa.