Kolaborasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Authors

  • Sri Ani
  • Roikhatul Jannah

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah merupakan terjemahan dari “School Based Management”. Isitilah ini pertama kali muncul di Amerika Serikat ketika masyarakat mulai mempertanyakan relevansi pendidikan dengan tuntutan dan perkembangan masyarakat setempat. Menurut Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah merupakan paradigma baru pendidikan, yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah (pelibatan masyarakat) dalam kerangka kebijakan pendidikan nasional. Otonomi diberikan agar sekolah leluasa mengelola sumber daya dan sumber dana dangan mengalokasikannya sesuai dengan periortas kebutuhan, serta lebih tanggap terhadap kebutuhan setempat. Dalam pandangan Depdiknas 8 esensi Manajemen Berbasis Sekolah adalah memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah. Memberikan fleksibilitas lebih besar kepada sekolah untuk mengelola sumber daya, dan mendorong sekolah meningkatkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mutu sekolah. Jadi Manajemen Berbasis Sekolah merupakan salah satu wujud reformasi pendidikan yang memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengatur kehidupan sesuai dengan potensi tuntutan, dan kebutuhannya. Otonomi dalam manajemen merupakan potensi bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja para tenaga kependidikan, menawarkan partisipasi langsung kelompok-kelompok terkait dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pendidikan

Downloads

Published

2021-10-04

Issue

Section

Articles