Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SDN Margadadi IV
Abstract
Setiap proses pendidikan sangat memlerukan fasilias atau sarana prasana demi mendukung keberlangsung proses belajar mengajar dengan tersedianya fasilitas sangat membantu dalam memahami pelajaran dengan maksismal. Sarana dan prasarana pendidikan juga menjadi salah satu tolok ukur dari mutu sekolah. Agar semua fasilitas tersebut memberikan kontribusi yang berarti pada jalannya proses pendidikan, hendaknya dikelola dengan baik. Sarana dan prasarana merupakan hal yang sangat vital dan hal yang sangat penting dalam menunjang kelancaran atau kemudahan dalam proses pembelajaran, dalam kaitannya dengan pendidikan yang membutuhkan sarana dan prasarana dan juga pemanfaatannya baik dari segi intensitas maupun kreatifitas dalam penggunaannya baik oleh guru maupun oleh siswa dalam kegiatan belajarmengajar. Dengan demikian adanya fasilitas sangat bermanfaat dan di klola dengan sebaik-baiknya agar bisa terus menerus digunakan. Dengan menciptakan suasana yang menyenangkan baik guru maupun siswa sehinga meningkatkan perstasi dan mutu pemebelajaran. Observasi ini menggunakan teknik pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu kepala sekolah dan guru bidang sarana dan prasarana. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil observasi pengelolaan sarana dan prasarana pada SD N Margadadi IV sudah cukup baik. Pengelolaan sarana dan prasarana terus dilakukan guna meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan generasi yang berprestasi, berkualitas dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan agama.