Implementasi Manajemen Sekolah Dalam Upaya Mengembangkan Life Skill Peserta Didik
Abstract
Pendidikan life skill merupakan pendidikan yang memberikan bekal dasar dan latihan kepada peserta didik tentang nilai-nilai kehidupan yang dibutuhkan dan berguna bagi perkembangan kehidupan sehari-hari.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sekolah dalam upaya mengembangkan life skill peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Al-Azhar 3 Kota Cirebon pada tanggal 2 Juni 2021.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.Subjek yang digunakan adalah guru SD Islam Al-Azhar 3 Kota Cirebon.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan catatan lapangan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi manajemen sekolah dalam mengupayakan pengembanganlife skill peserta didik mengambil dari program kegiatan ekstrakurikuler seperti, tilawati, tahfidz, qiroati, tarikh, pancak silat, kaligrafi, MTQ, mewarnai, menggambar, dan melukis.Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para kepala sekolah, stakeholder dan guru untuk menerapkan manajemen sekolah dalam mengupayakan pengembangan life skill peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler.