Manajemen Berbasis Sekolah Ditinjau Dari Keterlibatan Stakeholder Di SD Negeri 2 Klayan
Abstract
Dalam mengembangkan kualitas hasil penyelenggaraan pendidikan di sekolah tidak lepas dari adanya keterlibatan stakeholder yang saling bekerjasama dan mendukung dalam merancang dan melaksanakan semua kegiatan sekolah sehingga menjadikan sekolah dapat mencapai berbagai prestasi, baik dibidang akademik maupun non akademik.Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlibatan stakeholder dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di SD Negeri 2 Klayan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Analisis data dimulai sejak awal sampai akhir pengumpulan data. Data yang terbentuk dari kata-kata atau kalimat dari catatan hasil wawancara dengan narasumber dan observasi di lapangan kemudian diolah menjadi kalimat-kalimat yang bermakna kemudian dianalisis secara kualitatif dan dituangkan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di SD Negeri 2 Klayan dalam mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah ditinjau dari keterlibatan stakeholder sudah dapat dirasakan dilihat dari berbagai upaya yang telah dilakukan baik oleh stakeholder internal maupun stakeholder eksternal sehingga SD Negeri 2 Klayan dapat mencapai berbagai prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik.