Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Sarana Dan Prasarana Di SD Negeri Ciremai Giri

Authors

  • Hesti Andriyani
  • Nurul Azizah
  • Robiatul Adawiyah Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan mengidentifikasikan sarana dan prasarana pendidikan di SD Negeri Ciremai Giri berdasarkan sekolah unggulan yang sudah terakreditasi A di Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data yang diperoleh untuk penelitian adalah dari kepala sekolah, staf TU, dan Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Ciremai Giri memiliki (1) luas tanah yang dimiliki dan ditempati bangunan sekolah luas tanah sekolah SDN Ciremai Giri Kota Cirebon ini yakni sekitar 1375 m², sedangkan luas bangunan yang ditempati tanah tersebut yakni sekitar 1120 m², (2) jumlah ruangan yang dimiliki adalah 17 ruangan, (3) kondisi bangunan yang dimiliki sekolah sangat baik, (4) sarana olahraga dan ibadah sangat memadai. Dari data diatas dapat diketahui bahwasannya SDN Ciremai giri sudah memenuhi 98% dari standar sarana prasarana yang telah ditetapkan, hanya saja kurangnya ruangan untuk laboratorium IPA serta sarana ibadah yang masih belum maksimal karena masih menggunakan ruang kelas untuk setiap kegiatan praktik solat dhuha. (5) upaya pengembangan sarana dan prasarana yaitu dengan merenovasi bangunan sekolah sebagai upaya pengembangan dan perawatan sarana prasarana sekolah.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles