Implementasi MBS Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 1 Sigong
Abstract
MBS adalah peningkatan otonomi sekolah, peningkatan partisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, dan peningkatan fleksibilitas pengelolaan sumber daya sekolah. Untuk meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan yang mampu melakukan proses belajar mengajar yang efektif, efisien dan profesional serta dapat menghasilkan output yang berkualitas, maka perlu diadakan tindakan yang terencana dengan baik, terutama manajemennya. tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana implementasi MBS di SDN 1 Sigong untuk meningkatkan mutu pendidikan.metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitiatif deskriptif dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adala observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu SD 1 Sigong merupakan salah satu sekolah dasar yang telah menerapkan manajemen berbasis sekolah. Ada beberapa indikator yang menyatakan sekolah ini menerapkan MBS, diantaranya memiliki wewenang sendiri dalam mengatur seluruh kepentingan sekolah, memiliki fleksibilitas dalam memberdayakan sumber daya yang dimiliki, dan ada partisipasi langsung selain dari warga sekolah tapi juga dari masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Oleh karena implementasi MBS di SDN 1 Sigong ini tidak terlepas dari peran komite, orang tua, siswa dan guru sehingga MBS yang dilaksanakan itu sinergi dengan kebutuhan yang di sekolah mendapatkan daya dukung dari masyarakat setempat untuk meningkatkan mutu pendidikan