Kolaborasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Uptd SDN 6 Margadadi
Abstract
Manajemen Sekolah merupakan segala sesuatu yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan yang ingin dicapai oleh sekolah. Dalam mengelola sekolah Kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting atau utama mengelola berbagai komponen sekolah untuk mencapai tujuan sekolah. Selain berperan sebagai manajer, kepala sekolah juga berperan sebagai pemimpin . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengawas dan guru pada UPTD SDN 6 Margadadi. Hasil penelitiannya ditemukan: (1) Perencanaan program sekolah mencakup: program pengajaran, meliputi: Sumber Daya Manusia ( Tenaga Pendidik ), pengembangan sarana dan prasarana serta kegiatan ekstrakurikuler; (2) Pelaksanaan program sekolah yaitu strategi yang diterapkan untuk tercapainya peningkatan kualitas pembelajaran.