Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Apada Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV

Authors

  • Mimin Darmini
  • Nurul Hikmah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman peserta didik, dikarenakan strategi pembelajaran yang digunakan kurang variatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik melalui metode Direct Reading Thinking Activity (DRTA) pada tema Daerah Tempat Tinggalku dikelas IV SD Negeri Prapag Lor 02 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) adalah strategi membaca dengan memfokuskan keterlibatan peserta didik dengan teks, karena peserta didik harus membuat prediksi dan membuktikannya ketika peserta didik membaca (Abidin, 2016:80). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB SD Negeri Prapag Lor 02 yang berjumlah 27 peserta didik. Data yang dikumpulkan berupa lembar kerja prediksi peserta didik, lembar soal dan lembar angket. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan lembar angket peserta didik. Hasil penelitian metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t-test yang semula memiliki rerata 61,4 setelah diterapkan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) rerata hasil belajar peserta didik naik menjadi 77,2 dan pada siklus II naik menjadi 82, dan nilai analisis keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang semula 51% setelah diterapkannya metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) naik menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IVB SD Negeri Prapag Lor 02 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles