Peningkatan Mutu Pendidikan Dalam Inovasi Pembelajaran

Authors

  • Muhammad Nurfadli
  • Melina Melina
  • Siti Nur Cholidah

Abstract

Upaya peningkatan untuk mencapai pendidikan bermutu tidak hanya melakukan pemenuhan pada aspek input dan output saja, namun yang lebih penting adalah aspek proses, yang dimaksud adalah pengambilan keputusan, pengelolaan program, proses pengelolaan kelembagaan, proses belajar mengajar dan proses monitoring dan evaluasi dengan catatan bahwa proses belajar mengajar memiliki tingkat kepentingan tertinggi dibandingkan dengan proses-proses yang lain. Rendahnya mutu pendidikan meliputi seluruh sistem kependidikannya, terutama sistem manajemen dan etos kerja, kualitas, kuantitas guru, kurikulum dan sarana fisik dan fasilitasnya. Pesatnya perkembangan lingkungan lokal, regional, dan internasional saat ini berimplikasi terhadap pengelolaan penyelenggaraan pendidikan pada setiap jenjang pendidikan yang ada. Untuk mengimbangi perkembangan tersebut perlu dilakukan peningkatan mutu pendidikan yang dapat dilakukan melalui inovasi-inovasi pendidikan. Inovasi pendidikan merupakan upaya dasar dalam memperbaiki aspek-aspek pendidikan dalam praktiknya. Inovasi pendidikan dapat dilakukan dari berbagai komponen, salah satunya melalui komponen sistem pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian kami, metode yang kami gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif berupa wawancara dan observasi dengan beberapa guru kelas. Hasil dari wawancara dan observasi di MIS Terpadu Tunas Cendekia yaitu inovasi pembelajaran yang digunakan selama masa pandemic menggunakan video pembelajaranberbasisyoutubedarikelas 1-6 sertakurikulum yang digunakanyaitukurikulum 2013 dan sudahberjalansangatbaik. Mempunyai 3 muatanlokalyaitu Bahasa Sunda, Bahasa Inggris, dan BTQ, serta siswanya sangat berprestasi baik prestasi akademik maupun yang lain. Selain itu, sekolah ini menerapkan aturan untuk tidak menggunakansampah plastik. Tujuannya supaya terciptanya lingkungan bersih dan sehat.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles