Pemberdayaan Guru Dan Orang Tua Peserta Didik dalam Pembelajaran Berbasis Online
Abstract
Pandemi covid-19 masih menjadi kendala semua negara tak terkecuali Indonesia, sehingga pemerintah memutuskan untuk memindahkan proses pemebelajaran di sekolah menjadi di rumah (Teaching From Home). “Selain peserta didik dan orang tua, tentunya guru juga terdampak pandemi. Hasil servey menyebutkan, sejumlah 51 juta peserta didik dan hampir 3 juta guru terkena dampak pandemi, namun diharapkan guru tetap menjadi “pelecut dan pembina yang memiliki kemampuan luar biasa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh" demikian harapan para pakar dalam Webinar Peringatan Hari Guru Sedunia yang disiarkaan langsung di kanal YouTube Kemendikbud RI. Di masa pandemi covid-19, aktivitas pembelajaran di kelas konvensional dialihkan ke kelas virtual.Kondisi tersebut menuntut dilakukannya inovasi agar capaian pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Inovasi yang dilakukan antara lain penguasaan aplikasi pembelajaran berbasis online.Berdasarkan hasil analisis situasi, guru dan orang tua peserta didik belum optimal dalam membantu sekolah melaksanakan pendidikan pada masa pandemi covid-19.Terbatasnya kemampuan teknologi komunikasi menjadi kendala utama bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran online. Orang tua peserta didik banyak yang sibuk bekerja sehingga kurang intensif dalam mengarahkan proses belajar anak.Berdasarkan permasalahan, tim pengabdi memandang penting dan bertujuan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis online. Pelaksanaan menggunakan pendekatan kolaboratif partisipatif,kontekstual, melalui tahap sosialisasi, pendampingan, monitoring dan evaluasi.Hasil luaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terwujudnya SDM guru inovatif dan inspiratif dalam melaksanakan pembelajaran berbasis online yang didukung peran orang tua peserta didik yang kooperatif.Pembelajaranberbasis online dapat meningkatkan kompetensi gurudan dapat mendukung pembangunan program pemerintah dalam hal Teaching From Home,dan merdeka belajar.