Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Perkembangan literasi di Indonesia pada saat ini masih rendah. Berdasarkan hasil kajian dari Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2018 menunjukan bahwa skor membaca Indonesia ada di peringkat 72 dari 77 negara. Salah satu upaya dalam meningkatkan minat membaca siswa ialah mengadakan program Gerakan Literasi Sekolah. Namun di masa pandemi ini kegiatan pembelajaran tatap muka dihentikan, diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), hal ini membuat kegiatan gerakan literasi sekolahpun berjalan kurang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di masa pandemi covid-19 di SD N 3 Kalimeang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Proses gerakan literasi sekolah pada masa pandemi covid-19 di SD N 3 Kalimeang ini dilakukan secara luring dan daring, adapun tahap-tahap yang dilakukan dalam gerakan literasi sekolah yaitu dari tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran sudah dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, minat baca peserta didik di masa pandemi covid-19 di SD N 3 Kalimeang semakin meningkat dikarenakan adanya gerakan literasi sekolah ini.