Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Masa Pandemi SD Negeri 1 Sigong
Abstract
Proses pembelajaran di masa pandemi seperti sekarang mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Proses pembelajaran yang dilakukan yang biasa dikerjakan di sekolah, namun pada saat ini karena covid-19 sekolah terpaksa melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dibantu dengan beberapa aplikasi yaitu aplikasi whatsaap, google class, zoom meeting. Proses pembelajaran merupakan kegiatan interaksi antara guru dan peserta didik di kelas. Dalam proses pembelajaran melibatkan kegiatan belajar dan mengajar yang dapat menentukan keberhasilan siswa serta untuk mencapai tujuan pendidikan. Belajar merupakan suatu perubahan perilaku yang terjadi pada individu, yang sebelumnya tidak bisa menjadi bisa atau mahir. Tujuan umum yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang proses pembelajaran di masa pandemi di SD Negeri 1 Sigong. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Penelitian kualitatif adalah sebuah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, dan lain-lain secara holistik (utuh) dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang dialami dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Proses pembelajaran daring yang diterapkan di SD Negeri Sigong sangat bervariatif dan tetap menggunakan model, pendekatan, strategi dan motede yang berbeda-beda menyesuaikan materi pelajaran yang dilaksanakan.