Implementasi Proses Pembelajaran Daring di SDN 3 Klangenan

Authors

  • O’o Aryanto
  • Shaqdiah Rakmah Aenia
  • Winda Fatmawaty
  • Susilawati Susilawati

Abstract

Pengimplementasian proses pembelajaran daring di SDN 3 Klangenan sudah terlaksana dengan baik karena memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran jarak jauh terdapat masalah yaitu dalam menyesuaikan waktu kegiatan PJJ sekolah dengan orang tua, serta tidak semua anak memiliki smartphone sendiri dengan bantuan koordinasi dan pengawasan dari orang tua hal tersebut dapat membantu proses perencanaan PJJ menjadi lebih optimal. Proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan dilakukan dengan cara guru menyampaikan materi terlebih dahulu dan dishare menggunakan aplikasi penunjang seperti whatsapp group dengan menggunakan voice note, mencatat dan mengirim video materi pembelajaran yang akan diajarkan, dan evaluasinya yaitu guru berkoordinasi dengan orang tua siswa tentang perkembangan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desain deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data meliputi: metode observasi, dimana kegiatan observasi yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah untuk mengamati penerapan kegiatan pembelajaran sebelum pandemi dan jarak jauh. Metode wawancara, dalam kegiatan ini peneliti mencari informasi dengan melakukan tanya jawab kepada narasumber terkait dengan proses kegiatan pembelajaran sebelum pandemi dan jarak jauh.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles