Pengembangan Kompetensi Guru Abad 21 Di Masa Pandemi SD Negeri 4 Kenanga
Abstract
Proses belajar dan hasil belajar peserta didik bukan hanya ditentukan dari sekolah, pola, struktur dan isi kurikulum, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing peserta didik. Seorang guru harus mampu mengembangkan pemikiran yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, dapat memahami perkembangan psikologis peserta didik, dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik, memiliki wawasan pengetahuan, pemahaman dan sikap profesional untuk memecahkan masalah, mampu mengembangkan profesi pendidikan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pengembangan kompetensi guru abad 21 pada masa pandemi di SDN 4 Kenanga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif.Standar kompetensi guru dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi utama yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional, keempat kompetensi tersebut terintegrasi dalam kinerja guru.