Pendidikan Tafidzul Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasisiswa Dengan Metode Manajemen Kemitraan Di SDIT Muhammadiyah Harjamukti Kota Cirebon

Authors

  • Indah Putri Amelia
  • Bella Putri Dhaniel Pangesti
  • Nadiyah Nadiyah

Abstract

Pendidikan merupakan kombinasi antara pemberitahuan kogitif dan membentuk karakter yang baik. Pendidikan karakter harus dilakukan sedini mungkin terutama untuk siswa sekolah dasar. Perencanaan tahfidzul Qur’an di SDIT Muhammdiyah Harjamukti Kota Cirebon disusun oleh koordinator tahfidz berupa program kerja tahfidzul Qur’an yang terdiri dari target materi tahfidz, dan perangkat pembelajaran silabus dan RPP disahkan pada rapat kerja pada awal tahun ajaran baru 2018. Pengorganisasian tahfidzul Qur’an terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, koordinator tahfidz, guru tahfidz dan kewajiban sesuai arahan kerja. Pelaksanaan tahfidzul Qur’an dilaksanakan setiap hari senin sampai dengan jum’at sesuai jadwal mata pelajaran tahfidz tiap kelas. Lalu diselenggarakan acara khotmil Qur’an setiap setahun sekali. Evaluasi tahfidzul Qur’an berupa penilaian pencapaian hafalan siswa diukur dengan tes lisan. Selain itu penerapan metode kemitraan “Mantra Tiga Wali berhasil meningkatkan keterampilan dan prestasi dari membaca Al-Qur’an dan menghafal Al-Qur’an bagi siswa SDIT Muhammadiyah Harjamukti Kota Cirebon dilihat dari berbagai prestasi yang dihasilkan siswa dalam mengikuti perlombaan

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles