Peran Guru Dalam Pembangunan Mutu Pendidikan Melalui Proses Pembelajaran
Abstract
Usaha yang dilakukan oleh pemerintah dalam menghasilkan bibit unggul generasi penerus bangsa adalah dengan memperhatikan mutu pendidikan. Meningkatnya mutu pendidikan dapat dilihat dari peran pendidik, proses pembelajaran, dan kurikulum yang diterapkan. Peran pendidik yang kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat penting agar terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan. Dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari kurikulum yang merupakan perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan yang digunakan sebagai pedoman pendidik agar tercapai tujuan pendidikan. Tujuan kegiatan kuliah kerja lapangan ini adalah untuk mengetahui bagaimana standarisasi pendidikan sekolah dasar menuju era 5.0 dalam mutu pendidikan pada sekolah unggul khususnya UPTD SDNegeri 6 Margadadi Indramayu. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode kualitatif, melalui tiga tahapan penelitian yaitu tahap pra lapangan, tahap lapangan, dan tahap analisis data. Hasil dari kegiatan ini dapat diketahui bahwa UPTD SD Negeri 6 Margadadi telah menggunakan pembelajaran tematik terpadu untuk semua jenjang kelas.Proses pembelajaran di UPTD SD Negeri 6 Margdadi telah mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam proses pembelajarannya sering menggunakan metode eksperimen agar peserta didik memiliki pengalaman belajar yang lebih banyak.