Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Tematik Di SDN 4 Cipeujeuh Wetan

Authors

  • Hikmatul Fadhillah
  • Putri Dewi Kurnia Trisna

Abstract

Salah satu adanya keterkaitan pada kurikulum 2013 adalah penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan kompetensi inti baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan yang dikuasai sesudah proses pembelajaran dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada penilaian kompetensi inti sikap spritual (KI-1), kompetensi inti sosial (KI-2), Kompetensi inti pengetahuan (KI-3), dan Kompetensi inti keterampilan (KI-4) di SDN 4 Cipeujeuh Wetan. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian yang menemukan suatu phenomena untuk memaknai suatu masalah dan menyeliki suatu masalah baik secara individu, kelompok dan situasi yang berada pada lapangan yang kita teliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalis dengan triangulasi yaitu mereduksi data yang relavan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini untuk mengetahui guru telah merencanakan penilaian yang disesuaikan dengan rencana pembelajaran dan silabus yang dimuat diinstrumen penilaian sesuai dengan kompetensi inti serta kompetensi dasar (KD). Untuk pelaksanaan guru telah melaksanakan perencanaan yang searah dengan baik serta memeriksa hasil pekerjaan siswa. Tahap evaluasi penilaian guru telah melaksanakan hasil belajar siswa yaitu mengadakan ulangan, serta upaya tindak lanjutnya berupa remedial dan pengayaan. Dalam penilaian ini guru telah memahami penilaian yang berkaitan dengan keagamaan (KI-1) dan sikap terhadap teman dan guru (KI-2), kemampuan secara tertulis dan lisan (KI-3), dan bukti produk hasil siswa (KI-4).

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles