IMPLEMENTASI PENILAIAN AUNTENTIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA KELAS V SD 6 MARGADADI

Authors

  • Elisah Elisah
  • Bella Bunga Adinda
  • Uswatun Hasanah

Abstract

Penilaian merupakan sebuah proses kegiatan yang sistematis, terencana dan berkesinambungan guna mengumpulkan sebuah informasi mengenai hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Sedangkan model penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013 yakni penilaian autentik. Penilaian auntentik merupakan penilaian yang betul-betul menggambarkan kemampuan siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kurikulum 2013 sendiri merupakan kurikulum yang diterapkan oleh SDN 6 Margadadi. Pada kelas V yang saat ini menggunakan pembelajaran daring sulit menilai ketiga aspek baik kognitif, afektif, dan psikomotor. Tujuan dari penelitisn ini yakni: 1). Untuk mengetahui penilaian kompetensi sikap pada kelas V SDN 6 Margadadi, 2). ). Untuk mengetahui penilaian kompetensi pengetahuan pada kelas V SDN 6 Margadadi, 3). ). Untuk mengetahui penilaian kompetensi keterampilan pada kelas V SDN 6 Margadadi. Guna untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif Dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penentu dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menujukan bahwa: 1). Penilaian kompetensi penilaian sikap yang meliputi observasi langsung terhadap peserta didik namun ketika daring teknik penilaian menjadi penugasan, 2) kompetensi penilaian pengetahuan meliputi tes tulis dan lisan, 3) penilaian kompetensi keterampilan meliputi tes kinerja pada pratek dan percobaan.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles