EFEKTIFITAS KURIKULUM 2013 TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1 PURBAWINANGUN

Authors

  • Dian Agustin
  • Eka Mislekah
  • Adzea Sepdhea Sugand
  • Yuniar Pratiwi

Abstract

Kurikulum yang digunakan di SD Negeri 1 Purbawinangun adalah kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum merupakan pola atau desain bahan kurikulum yang tujuannya untuk mempermudah siswa dalam mempelajari bahan pelajaran serta mempermudah siswa dalam melakukan kegiatan belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Langkah-langkah pengembangan kurikulum meliputi perumusan tujuan, menetukan isi, organisasi dan proses belajar mengajar, dan evaluasi kurikulum. Proses pembelajaran di SD Negeri Purbawinangun adalah proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru[1]siswa dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Dalam proses pembelajaran, guru dan siswa merupakan dua komponen yang tidak bisa dipisahkan. Antara dua komponen tersebut harus terjalin interaksi yang saling menunjang agar hasil belajar siswa dapat tercapai secara optimal selain itu guru dan siswa termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor sentral dalam suatu lembaga pendidikan dan standar kompetensi lulusan merupakan kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan bertujuan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Downloads

Published

2021-09-29

Issue

Section

Articles