MEMANFAATKAN MEDIA ICT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA HUMAN SOCIETY 5.0
Abstract
Era human society 5.0, Guru harus memiliki keterampilan dibidang digital dan berpikir kreatif. Ada hal yang harus dimanfaatkan pendidik diera society 5.0. yaitu Internet of things (IOT) pada dunia Pendidikan. Dalam penelitian yang kami lakukan di kelas 5 SD Negeri 1 Palimanan Barat, Bapak Sujadi S.pd selaku wali kelas menggunakan ICT Sebagai media pengantar pembelajaran. Information and communication technology (ICT) menjadi kebutuhan yang mendasar dalam menentukan kualitas dan efektifitas proses pembelajaran. Bapak Sujadi menggunakan media audio visual sebagai media pengantar pembelajaran yang ditampilkan didepan kelas dengan melalui infokus. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Fungsi ICT dalam Pembelajaran. 2) Bagaimana Langkah-Langkah Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis ICT. 3) Apa Kekurangan dan Kelebihan Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Siswa dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Fungsi ICT dalam Pembelajaran ICT di, yaitu: a) Sebagai alat bantu yang memudahkan siswa memahami pelajaran, b) Sebagai media yang membantu siswa untuk lebih aktif belajar, c) Mampu menumbuhkan minat siswa belajar, d) Memperluas wawasan siswa tentang pembelajaran. 2) Langkah-langkah guru dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa melalui pembelajaran berbasis ICT, yaitu: a) Menyiapkan perlengkapan media ICT, b) Pembelajaran menggunakan media ICT. 3) Kelebihan pembelajaran berbasis ICT terhadap siswa dalam meningkatkan mutu Pendidikan, Kelebihan dari pembelajaran berbasis ICT diantaranya siswa lebih aktif, mempermudah proses pmebelajaran, dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan.