PERAN GURU SEBAGAI PROBLEM SOLVER PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI
Abstract
Adanya pandemi Covid-19 memaksa bagi hampir seluruh orang untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. Sama halnya dengan guru dan siswa yang berada dalam ranah pendidikan. Atas dasar dorongan yang mendadak ini memerlukan kesiapan, bahkan tidak jarang menemukan kendala yang berarti sehingga mempengaruhi keberlangsungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai problem solver pada pembelajaran di masa pandemi. Metode yang digunakan yakni studi kasus tipe mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian tetap berkomitmen sebagai pendidik untuk bertanggung jawab dan membentuk komunikasi yang efektif dan efisien dengan siswa ataupun orang tua dibuktikan dengan guru melakukan home visit dan bimbingan dan konseling (BK) serta guru tetap melakukan pemantauan kepada siswa. Kesimpulan pada penelitian ini ialah guru memberikan beragam penawaran solusi kepada siswa dan orang tua sesuai dengan kebutuhan masing-masing.