PENERAPAN SISTEM HOME SCHOOLING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi covid-19 yang mewabah sejak awal tahun 2020 merubah banyak tatanan kehidupan manusia secara drastis. Satuan pendidikan merupakan bagian vital dalam tatanan kehidupan manusia. Sistem homeschooling menjadi alternatif untuk menyempurnakan kualitas dan hak mendapatkan pendidikan yang layak bagi siswa baik yang difasilitasi oleh sekolah atau mandiri dari orang tua. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalis inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi covid-19. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Brebes. Dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi covid-19 yang diperoleh dar metode wawancara dan observasi sebagai data utama. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Data dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan beberapa inovasi dalam pembelajaran di era masa pandemi covid-19 guna mewujudkan suasana belajar yang maksimal diperlukan sinergisitas dari guru, orang tua dan sekolah yang menjadikan alternatif sistem home schooling sebagai kontrol belajar yang efektif dan memotivasi siswa dalam memahami materi sekolah dapat dijaga konsistennya.