IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 2 SETU KULON

Authors

  • Aneen Haninah Zaen
  • Ropiah Ropiah

Abstract

Penilain adalah proses untuk pengumpulan data atau informasi untuk menjadi bukti tercapainya pembelajaran peserta didik. Melalui penilaian, guru dapat mengembangkan kompetensi atau talenta yang dimiliki oleh setiap siswa. Adapun kompetensi yang diharapkan dan dikuasai oleh siswa setelah proses belajar mengajar adalah kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 2 Setu Kulon menekankan pada penilaian autentik, dimana penilaian di lakukan selama proses pembelajaran berlangsung hingga akhir. Oleh karena itu guru harus mengetahui mekanisme, prosedur dan instrumen penilaian hasil belajar siswa sesuai dengan kompetensi yang ingin diukur. Kompetensi yang diukur di SD Negeri 2 Setu Kulon melalui penilaian autentik yang menggambarkan tuntutan kompetensi yang ada di standar kompetensi (SK) atau Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

Downloads

Published

2021-09-29

Issue

Section

Articles