PROBLEMA YANG DIHADAPI GURU PADA SAAT MELAKUKAN PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 1 PANEMBAHAN

Authors

  • Adinda Putri Farrah Dhiba
  • Diah Ufliasari
  • Putri Dina Aprilia
  • Ugi Ningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran daring di SDN 1 Panembahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dimana penelitian deskriptif adalah penelitian yang menggambarkan keadaan sekarang dan keadaan yang telah terjadi serta mempunyai hubungan diantara variabel-variabel, data-data yang dikumpulkan, disusun, dijelaskan, dan dianalisa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara untuk mengetahui hal-hal yang relevan, yang dilakukan dalam Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pedoman wawancara dalam penelitian ini disusun terdiri dari 4 aspek yaitu sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran di masa pandemi covid-19, 2) Media yang digunakan saat proses pembelajaran daring, 3) kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan proses pembelajaran daring, 4) Problema guru dalam melaksanakan proses pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kendala yang dialami guru dalam melakukan proses pembelajaran daring yaitu kurangnya pemahaman siswa hal ini dikarenakan pembelajaran tidak dilakukan tatap muka dengan begitu berkurangnya intensitas pertemuan guru dengan siswa. Adapun faktor yang menjadikan kurang maksimalnya pelaksanaan proses pembelajaran daring yakni kurangnya koneksi sinyal kuota internet

Downloads

Published

2021-09-29

Issue

Section

Articles