KOMPETENSI TIK DALAM PEMBELAJARAN BAURAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI DAERAH PEDESAAN
Abstract
Memiliki kompetensi teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) merupakan keharusan bagi guru sekolah dasar saat ini karena pelaksanaan pembelajaran yang menuntut penggunaan perangkat TIK sebagai perantara pada pembelajaran bauran (blended learning). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pelatihan dalam meningkatkan kompetensi TIK bagi guru sekolah dasar di daerah pedesaan. Pengambilan data melalui metode survey ini menjaring 133 responden guru sekolah dasar dari tiga kecamatan di Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Penelitian ini menghasilkan daftar kebutuhan peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan dan menggunakan perangkat TIK untuk kegiatan pembelajaran bauran. Setidaknya ada delapan kompetensi yang harus dikembangkan, meliputi; 1) kemampuan pengolah kata, 2) kemampuan pengolah angka, 3) kemampuan penggunaan internet untuk mencari bahan ajar, 4) membuat media pembelajaran audio, 5) membuat media pembelajaran video, 6) membuat media pembelajaran presentasi yang menarik, 7) membuat instrumen evaluasi berbasis TIK, dan 8) membuat permainan sederhana berbasis internet untuk pembelajaran.