Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD IT Muhammadiyah Harjamukti
Abstract
Kegiatan penelitian ini untuk melihat peran managerial kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD IT Muhammadiyah Harjamukti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Manajerial kepala sekolah merupakan hal yang harus dilakukan secara terencana dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah dalam memimpin dan mengelola sekolah, khususnya dalam peningkatan kualitas pembelajaran: (1) memimpin dan memberdayagunakan pendidik dalam menyusun rencana, pelaksanaan, dan evaluasi program pembelajaran berdasarkan potensi, minat, bakat, dan kebutuhan peserta didik; (2) upaya meningkatkan kompetensi pedagogis pendidik sesuai dengan kebutuhan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran; (3) memimpin dan memberdayagunakan warga sekolah dalam menyusun rencana, pelaksanaan, serta evaluasi program seluruh unit layanan khusus sekolah sebagai fasilitas dan sumber belajar yang berkualitas