Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik (Keunggulan Dan Prestasi Sekolah) SD Negeri 1 Panembahan

Authors

  • Miftakhul Zannah
  • Ersa Fitriyanti
  • Diyan Nurwulandari

Abstract

Kepala sekolah merupakan kunci pendorong bagi perkembangan dan kemajuan sekolah serta bertanggung jawab atas keberhasilan siswa dan programnya Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan visi dan misi sekolah merupakan bagian dari kompetensi manajerial, hal ini dapat diartikan sebagai kemampuan mengelola sumber daya melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien. Dengan kemampuan manajerial kepala sekolah yang baik dapat menjadikan sekolah tersebut sebagai sekolah unggulan dan berprestasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajerial kepala sekolah, keunggulan dan prestasi siswa di SD Negeri 1 Panembahan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif studi kasus yang menganalisis data melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa: (1) Kepala sekolah bertugas sebagai manajer sekolah dalam meningkatkan prestasi baik dibidang akademik maupun non-akademik. (2) Kepala sekolah di SD Negeri 1 Panembahan memiliki strategi manajerial yang baik dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan cara menjadikan sekolah sebagai sekolah yang unggul dan berprestasi. (3) Kepala sekolah dapat mempengaruhi kualitas sekolah, hal ini karena kepala sekolah memiliki wewenang untuk mengambil keputusan dalam segala hal, seperti perekrutan guru, penugasan guru, rotasi guru, pembinaan guru dan bahkan promosi kepangkatan guru.

Downloads

Published

2021-09-28

Issue

Section

Articles