UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIK SDN 1 CIKALAHANG MENUJU ERA HUMAN SOCIETY 5.0

Authors

  • Maya Marliya
  • Mayang Uzlifatun Khasanah
  • Mukhamad Zeraldy

Abstract

Mutu pendidik merupakan aspek yang sangat penting bagi sekolah. Melihat sekolah berprestasi atau tidak, dimulai dari melihat mutu pendidik pada sekolah itu. Pendidik yang berkompeten adalah pendidik yang memiliki empat kompetensi dalam dirinya. Kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi social dan kepala sekolah memiliki peranan besar dalam meningkatkan mutu pendidik disekolahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik menuju era human society 5.0. Sasaran dalam upaya meningkatkan mutu pendidik ini berlaku untuk kepala sekolah dan guru-guru yang ada di SDN 1 Cikalahang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif ethnography yaitu melakukan penelitian dengan menggunakan instrumen data dari hasil wawancara guru dan kepala sekolah SDN 1 Cikalahan dan mengobservasi program sekolah yang memiliki upaya untuk meningkatkan mutu pendidik di SDN 1 Cikalahang. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik menuju era human society 5.0 yaitu dengan membuat pendidik di SDN 1 Cikalahang memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, yang sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Downloads

Published

2021-09-28

Issue

Section

Articles