PENERAPAN METODE SCIENCE LITERACY CIRCLES (SLC) UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI SISWA SD
Abstract
Abstrak :
Pendidikan karakter dipahami sebagai upaya penenaman kecerdasan dalam berpikir, penghayatan dalam bersikap, dan berperilaku sesuai nilai-nilai luhur diwujudkan dengan interaksi dengan Tuhannya, diri sendiri, antar sesama, dan lingkungannya. Seiring berkembangnya Zaman , Karakter yang ada dalam manusia kini yang kurang maksimal diajarkan menyebabkan rendahnya kemampuan berkarakter peserta didik. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan cara menerapkan metode pembelajaran SLC. Dalam kegiatan pembelajaran menggunakan SLC siswa dibagi ke dalam kelompok kecil dan tiap anggota kelompok memilih peran. Peran untuk masing-masing siswa dalam metode SLC, dapat membangun rasa tanggung jawab dari setiap peran. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Hasil yang didapatkan setelah diimplementasikannya metode SLC dalam pembelajaran adalah literasi sains siswa untuk keseluruhan aspeknya meningkat dan rata-rata nilai karakter berkembang dengan kriteria antara mulai berkembang dan membudaya. Kesimpulan yang didapat, pembelajaran dengan penerapan metode SLC dapat meningkatkan literasi sains siswa SD serta mengembangkan karakter siswa.
Kata kunci: Karakter, Literasi Sains dan Metode Science Lieteracy Circles